Sabtu, 02 Mei 2009

Model Bisnis Bisnis Kaos di Internet

Email Bambang Haryanto
kepada Aji Wibowo


Dear Aji,

Salam sejahtera. Aku sudah lihat-lihat blog Monsterclothing [http://monsterclothing.blogspot.com]. Sebagai etalase toko, memang situsmu itu harus terus dipromosikan di dunia maya. Oh ya, menyambut obrolan via FB yang lalu mengenai ide bisnis kaos di dunia maya, yang muncul di kepalaku adalah : kita bukan semata memajang foto-foto desain kaos di Internet.

Cara wajar semacam itu, dan imperatif bagi pebisnis pemula, menurutku, masih minim dalam mendayagunakan kedigdayaan Internet yang sebenarnya. Apalagi budaya di Internet itu punya karakter yang berbeda dari dunia nyata, sehngga semata memindah toko kaos dari dunia nyata ke situs, seringkali malah justru tidak atau kurang produktif.

Apalagi di dunia Internet yang sering berlaku adalah filosofi gift economy, bukan commercial economy. Sehingga bila kita semata menonjolkan aksi “jualan” dan “jualan” (mungkin) justru banyak yang tidak menyukai. Kita mungkin bisa dibenci :-( karena ulah itu. Seolah kita memperalat kebaikan hati teman-teman kita di dunia maya itu untuk mengisi dompet kita.

Cara terbaik, belum saya temukan. Siapa tahu dengan diskusi ini bisa kita temukan formulanya secara bersama.

[Email dikirim : Selasa, 7 April 2009 dan sampai saat diunggah ke blog ini belum ada balasan ].

kk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar